Advertorial

Tips Menjaga Bearings Mobil Agar Tetap Awet, Pengendara Wajib Tahu Nih!

Yussy Maulia - Kamis, 24 November 2022 | 16:00 WIB
JTEKT Bearings menawarkan produk bearing yang berkualitas.
Dok. JTEKT
JTEKT Bearings menawarkan produk bearing yang berkualitas.

GridOto.com – Bicara soal perawatan mobil, bearing atau yang biasa disebut dengan laher merupakan salah satu komponen yang wajib diperhatikan kondisinya. Untuk diketahui, bearing merupakan komponen mesin yang berfungsi sebagai bantalan pada kaki-kaki. Komponen ini mengurangi gesekan pada poros atau as roda.

Dengan adanya bearing, mobil dapat bergerak dengan mudah dan tarikan pedal gas terasa lebih ringan. Sayangnya, pemilik kendaraan sering menyepelekan perawatan bearing. Padahal, kerusakan pada komponen ini bisa membuat pemilik kendaraan harus merogoh kocek yang tidak sedikit.

Nah, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menjaga agar bearing mobil tetap awet. Berikut tips-tipsnya. 

1. Pastikan pemasangan bearing sudah tepat

Ketika melakukan pergantian, bearing harus dipasang dengan tepat agar dapat bekerja secara optimal. Pasalnya, jika tidak dipasang dengan benar maka dapat mempengaruhi umur pakai dari bearing itu sendiri.

Baca Juga: Video Cara Cek Bearing Roda Mobil, Mudah Sekali dan Cuma Modal Ini

Pemasangan bearing juga disarankan menggunakan bearing tools kit dan hindari memukul bearing menggunakan palu karena dapat merusak bearing.

2. Jangan menerabas jalan rusak atau berlubang dengan kecepatan tinggi

Anda sebaiknya berhati-hati saat melewati jalan rusak atau berlubang. Hindari menerabas jalanan tersebut dengan kecepatan tinggi, sebab perilaku berkendara seperti itu dapat membuat bearing cepat rusak.

Semakin tinggi kecepatan mobil, semakin besar getaran dan gesekan yang diterima oleh bearing. Kebiasaan ngebut di kontur jalanan yang tidak rata juga dapat membuat roda cepat aus.


Editor : Sheila Respati

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa