Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+
Advertorial

Waktu Ideal Ganti Oli Motor Matic, Setiap Berapa Kilometer?

Fendi - Rabu, 5 Desember 2018 | 18:18 WIB
Waktu yang tepat untuk mengganti oli motor matic itu dihitung berdasarkan jarak tempuh motornya
Waktu yang tepat untuk mengganti oli motor matic itu dihitung berdasarkan jarak tempuh motornya


GridOto.com – Memperhitungkan waktu ideal untuk mengganti oli motor matic memang sedikit membingungkan. Tak sedikit pemilik motor matic yang bertanya, ‘Ganti oli motor matic setiap berapa KM?’ atau ‘idealnya ganti oli dihitung dari jarak atau waktu pakai?’.

Martin, selaku Senior Marketing Manager PT Topindo Atlas Asia menjelaskan bahwa memperhitungkan waktu ideal untuk ganti oli motor matic tergantung kepada cara pemakaian motor  itu sendiri.

"Waktu yang tepat untuk mengganti oli motor matic itu dihitung berdasarkan jarak tempuh motor matic itu sendiri, jadi patokannya jelas, jumlah kilometer," jawab Martin.

Perhitungan jarak tempuh ini dapat dilihat dari odometer. Dijelaskan Martin, idealnya motor matic harus melakukan pergantian oli setiap menempuh jarak 3.000-4.000 km.

Meski bagitu, Martin juga menjelaskan pergantian oli motor matic perlu dilakukan lebih cepat dari patokan jarak tempuh kilometer. Khususnya untuk motor matic yang kerap kali terjebak di kemacetan.

Nah, pada situasi macet, mesin motor matic akan terus bekerja. Lamanya nyala mesin ini juga harus menjadi pertimbangan dalam menentukan waktu ideal mengganti oli motor matic.

"Jarak tempuh dan waktu pakai memang menjadi faktor utama untuk menentukan waktu pergantian oli, namun selain kedua hal tersebut, jenis base-oil yang digunakan juga dapat menjadi faktor penting lainnya," ujar Martin.

"Oli full synthetic seperti TOP1 Evolution Matic memiliki bahan dasar dan formula yang lebih baik dibanding oli mineral yang banyak di pasaran saat ini, karena memiliki proteksi dan jangka waktu pemakaian yang lebih lama," lanjutnya.

Oli Full Synthetic sendiri merupakan pelumas hasil pemilahan terbaik dan terbersih dari oli mineral.

Sehingga secara pengolahan dan kegunaannya, oli motor matic berbahan dasar full synthetic jelas lebih baik jika dibandingkan dengan oli mesin mineral.

Pada pemakaian normal, Oli TOP1 Evolution Matic Series dengan berbahan dasar synthetic terbaik, masa pemakaiannya mampu menempuh jarak 5.000-8.000 km.

Oli TOP1 Evolution Matic
Oli TOP1 Evolution Matic

Oli TOP1 Evolution Matic dengan zat aditif "Extra Smooth" diformulasikan untuk memberikan pengalaman berkendara yang halus, sekaligus melindungi mesin dengan lebih baik, serta menjaga performa terbaik mesin motor matic kamu.

TOP 1 Oil sendiri telah berpengalaman selama lebih dari 40 tahun menghadirkan rangkaian oli full synthetic terbaik.

Kamu bisa temukan produk pelumas sintetik terbaik dari TOP1 Oil yang sesuai dengan karakter mesin motor matic kamu, disini

Editor : Fendi

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa