Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+
Advertorial

Cegah Warna Cat Mobil Pudar, Begini Panduan Perawatannya

Fathia Yasmine - Senin, 7 Desember 2020 | 10:05 WIB
Ilustrasi cat mobil
Shutterstock
Ilustrasi cat mobil

GridOto.com – Selain merawat performa mobil melalui servis rutin, menjaga tampilan eksterior agar tetap kinclong sering dianggap sebuah kewajiban. Tak hanya melambangkan kepribadian pemilik, tampilan cat yang mengkilap dan bersih juga mampu mendongkrak kepercayaan diri pemiliknya.

Namun, seiring berjalannya waktu, cat mobil perlahan mulai kehilangan pesonanya. Warnanya yang dulu mengkilap dan gagah, kini mulai kusam dan terlihat berbeda dari warna aslinya.

Faktor penyebabnya pun beragam, mulai dari terbiasa menjemur mobil di tempat panas seharian hingga kebiasaan mendempul mobil sembarangan, yang akhirnya memecah warna asli dari mobil itu sendiri.

Hal ini turut dibenarkan oleh Kepala Bengkel Auto2000 Cileduk Suratman, menurutnya, sering mendempul tanpa memerhatikan kondisi cat disekitarnya, akan membuat cat tersebar dan permukaannya menjadi tidak rata. Ini tentu akan merusak citra tampilan dari kendaraan itu sendiri.

Baca Juga: Lewis Hamilton Positif Covid-19, Ini Kandidat Penggantinya di F1 Sakhir 2020

“Orang biasa dempul cuma modal di ketok, terus di dempul. Padahal tidak bisa seperti itu, di Auto2000, proses pendempulan harus melalui beberapa tahap, salah satunya pengikisan supaya permukaannya rata,” ujarnya.

Meski begitu, melakukan cat ulang pada bodi mobil tentu memakan biaya yang tak sedikit. Namun, Suratman menjelaskan terdapat beberapa hal yang dapat dilakukan bagi para pemilik mobil untuk mencegah cat mobil agar tidak lebih cepat pudar.

Dikutip dari Youtube Series Auto2000 bertajuk “Tanya Bengkel: Perawatan Bodi dan Cat Mobil”, berikut tips dari Suratman:

Hindari menggunakan car cover

Penggunaan car cover sering dipilih pemilik mobil guna mencegah mobil terpapar langsung dari kondisi panas maupun hujan. Penggunaan car cover juga dianggap lebih murah dan aman, terutama bila pemilik mobil tidak memiliki garasi atau penutup di halaman rumah.

Editor : Sheila Respati

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa