Advertorial

Apa Itu RON? Pahami Dulu Sebelum Memilih Bensin untuk Kendaraan

Nana Triana - Senin, 28 November 2022 | 21:30 WIB
Ilustrasi seorang laki-laki sedang isi bahan bakar.
Dok. Freepik
Ilustrasi seorang laki-laki sedang isi bahan bakar.

Gridoto.com – Pemilik kendaraan bermotor tentu sudah familier dengan istilah Research Octane Number (RON). Namun, tidak banyak yang tahu pentingnya mengetahui angka RON pada BBM dan memahami istilah tersebut. Angka RON atau oktan sering kali digunakan sebagai indikator penentu kualitas bahan bakar minyak (BBM).

Sebagai informasi, angka oktan pada BBM merupakan bilangan yang menunjukkan kualitas bahan bakar dalam menahan tekanan yang tinggi di dalam ruang pembakaran, sebelum akhirnya terbakar.

Sederhananya, BBM dengan RON rendah tidak tahan terhadap tekanan atau temperatur tinggi, sehingga BBM bisa terbakar sebelum waktunya dibakar oleh percikan api yang dihasilkan busi. Kondisi tersebut mengakibatkan mesin ngelitik atau knocking.

Selain itu, menggunakan bensin dengan RON yang tidak sesuai dengan kompresi mesin juga akan mengakibatkan pembakaran tidak sempurna. Hal ini menyebabkan mesin performanya menurun, lebih boros konsumsi BBM, dan menghasilkan emisi tinggi. 

Jadi, efisiensi pemakaian BBM dan performa mesin tidak melulu bergantung pada tingginya nilai oktan, tetapi juga kesesuaian angka RON dengan spesifikasi mesin kendaraan. 

Baca Juga: Supaya Enggak Boncos, Ini Tips dan Trik Berkendara yang Bisa Bikin Irit BBM

Penggunaan BBM dengan RON tinggi pada mesin berkompresi rendah akan membuat kendaraan boros bahan bakar akibat pembakaran yang terjadi di dapur pacu tidak sempurna. Selain itu, pembakaran yang tidak sempurna akan menimbulkan residu di ruang bakar.

Cara memilih BBM dengan RON yang sesuai

Pada dasarnya, angka oktan atau RON merupakan perbandingan antara iso-oktana dengan heptana.

Jika misalnya campuran meliputi 10 persen heptana dan 90 persen iso-oktana, maka campuran tersebut memiliki angka oktan 90.

Hai Sobi, kamu udah punya kendaraan belum?

Kamu tim yang mana?

Kamu pingin nambah kendaraan baru apa?

Kalo beli kendaraan, utamain beli yang mana dulu?

Kamu lebih milih yang mana?

Kalo ada kesempatan buat ikut test drive/ test ride, mau cobain jenis apa?


Editor : Sheila Respati

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa