Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+
Advertorial

Ini Bahayanya Mengendarai Mobil dalam Keadaan Oli Kering!

Anton Hari Wirawan - Senin, 6 Agustus 2018 | 21:15 WIB
Ilustrasi berkendara mobil
Istimewa
Ilustrasi berkendara mobil

GridOto.com - Kepadatan aktivitas, kadang melupakan rutinitas untuk mengganti oli mesin kendaraan. Akibatnya, mobil berjalan dalam kondisi oli yang tidak ideal bahkan oli kering. Padahal,fungsi oli mobil sangat penting bagi kesehatan kendaraan Anda.

Oli mobil, penting untuk menjaga performa, efesiensi, hingga keselamatan. Jika berkendara dengan kondisi oli kurang apalagi oli kering, tentu bisa membuat mesin mobil rusak. Pasalnya, di mesin, terdapat banyak bagian bergesekan dan berputar dengan tekanan sangat tinggi. Untuk itu sangat penting bagi Anda untuk menjaga level oli agar tidak kurang apalagi kering.

Jika Anda nekat berkendara dengan kondisi oli kering, ini risiko dan bahaya yang bisa menimpa mobil.

Ring piston Rusak

Ring piston punya fungsi sangat vital dalam proses pembakaran. Ia berfungsi sebagai penjaga kompresi mesin agar tetap optimal. Ring piston selalu bergesekan dan liner silinder dan bisa beroperasi hingga lebih dari 5.000 rpm. Oli mesin fungsinya sangat vital untuk melindungi gesekan antara ring piston dan liner silinder. Jadi kebayang dong, kalau oli kurang atau bahkan oli kering. Ngeri sob!

(BACA JUGA: Kenalan Yuk Sama Erin Sills, Wanita Paling Ngebut di Dunia)

Klep mesin rusak

Mengendarai Mobil dalam Keadaan Oli Kering dapat menyebabkan Klep mesin mobil rusak dan membuat oli di kepala silinder merembes dan masuk ke dalam ruang bakar, oli cepat habis, menimbulkan asap tebal, busi cepat kotor dan cepat lemah. Hal itu membuat mesin Anda tidak sehat dan akan merambah ke bagian mesin lainnya.

Mesin Overheat

Selain untuk melumasi dan mencegah gesekan, oli juga punya fungsi untuk mendinginkan mesin mobil anda. Jadi sudah kebayang dong, kalau volume oli berkurang atau bahkan kering, mesin berpotensi jadi overheat.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa