Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+
Advertorial

Jelajah Amerika 2018

Punya Pabrik Baru, Produksi STP, Armor All, dan Tuff Stuff Kini Makin Efisien

Anton Hari Wirawan - Rabu, 7 November 2018 | 16:00 WIB
Tim Jelajah Amerika 2018 kunjungi pabrik Spectrum Brands Global Auto Care
Dokumentasi
Tim Jelajah Amerika 2018 kunjungi pabrik Spectrum Brands Global Auto Care

GridOto.com - Pada perjalanan Jelajah Amerika 2018, tim GridOto.com juga berkesempatan untuk mengunjungi pabrik Spectrum Brands Global Auto Care. Sekadar info, Spectrum Brands Global Auto Care adalah perusahaan yang membawahi merek STP, Armor All, dan Tuff Stuff.

Pabrik Spectrum Brands Global Auto Care, berlokasi di 2800 Concorde Dr, Vandalia, tak jauh dari bandara internasional Dayton, di negara bagian Ohio. Lokasi pabrik ini ternyata sangat strategis karena diapit jalan interstate I-70 dan I-75.

Tak hanya strategis, pabrik Spectrum Brands Global Auto Care juga dibangun diatas lahan seluas 52.954 meter persegi. Dengan pabrik yang dibangun di lahan seluas itu, tak heran jika Spectrum Brands telah menggelontorkan dana sebanyak 33 juta dolar Amerika Serikat atau setara Rp 495 miliar!

Saat tiba disana, kami langsung disambut oleh Joe DeVillez selaku Senior Director Distribution and Transportation. Setelah makan siang, kami pun langsung diantar untuk melakukan tur keliling pabrik.

(BACA JUGA: Jelajah Amerika 2018: Ini Sebab Prestone Coolant Bangun Pusat Riset Rp 300 Miliar)

Line produksi otomasi yang efisien
Dokumentasi
Line produksi otomasi yang efisien

Pertama kami diajak langsung untuk melihat proses produksi produk STP. Proses produksinya dilakukan secara modern dengan sistem otomasi menggunakan ban berjalan. Hanya perlu sekitar 8 orang di tiap line produksi.

Line produksi efisien, tak perlu banyak tenaga manusia
Dokumentasi
Line produksi efisien, tak perlu banyak tenaga manusia

Proses pertama, bahan baku di-blend pada area blending, kemudian disalurkan ke area filling. Setelah proses pengisian selesai, lanjut dengan penempelan label. Di jalur ini juga terdapat beberapa kamera untuk proses quality control. Kamera tersebut mendeteksi kelurusan leher botol dan juga posisi penempelan label depan-belakang. Setelah produk dianggap lolos kontrol kualitas, pengepakan menjadi tahap selanjutnya.

Kemudian, produk yang telah dikemas itu disalurkan ke gudang untuk menyimpan stok. Untuk proses distribusi barang, digunakan fork lift canggih lho. “Forklift sudah pakai full tenaga listrik. Tanpa emisi. Proses charging 6-8 jam dan bisa dipakai selama 12 jam,” ujar Joe kepada tim Jelajah Amerika 2018.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa