Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+
Advertorial

Muncul Perdana Pada Tahun 1832, Begini Evolusi Mobil Listrik di Dunia

Anton Hari Wirawan - Senin, 12 November 2018 | 15:56 WIB
Mobil listrik pertama karya Robert Anderson
Pinterest
Mobil listrik pertama karya Robert Anderson

GridOto.com – Sejarah mencatat, teknologi kendaraan listrik bukanlah penemuan abad modern. Cikal bakal mobil listrik bahkan sudah hadir lebih dulu jauh sebelum mobil bertenaga gas pertama kalI diciptakan.

Prototipe kendaraan listrik bahkan sudah hadir sejak tahun 1832. Adalah Robert Anderson, seorang berkebangsaan Skotlandia yang mengembangkan kendaraan listrik untuk pertama kalinya.

Namun, baru di tahun 1870-an kendaraan berbasis listrik mulai praktis dan dapat digunakan seperti layaknya mobil di zaman sekarang.

Mobil listrik sempat populer pada masanya

Dibandingkan mobil bertenaga uap dan gas, pada zamannya mobil bertenaga listrik sudah lebih hening dan mudah dikendarai.

Apalagi mobil berbasis listrik tidak mengeluarkan asap polutan yang bau. Dengan cepat kendaraan ini populer di kota-kota besar Amerika Serikat.

(BACA JUGA: New Toyota Yaris 2018, Tawarkan Tampilan Catchy dan Tambahan Fitur Keselamatan Baru)

Bahkan pada awal tahun 1900-an, kendaraan listrik sempat mengisi sepertiga dari seluruh kendaraan yang beredar di jalan.

Namun setelah ditemukannya teknologi pengolahan minyak mentah yang lebih murah, kebutuhan akan kendaraan bertenaga ini mulai sedikit diabaikan.

Kondisi ini membuat mobil listrik sedikit demi sedikit menghilang dari peredaran. Riset para ahli dan insinyur pun cenderung lebih kepada mobil dengan internal combustion engine.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa