Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+
Advertorial

Ternyata Oli Saja Tidak Cukup, Ini Alasannya

Anton Hari Wirawan - Jumat, 30 November 2018 | 13:50 WIB
Aditif oli penting untuk memaksimalkan kinerja oli
Dokumentasi
Aditif oli penting untuk memaksimalkan kinerja oli

GridOto.com – Kamu pasti sudah tahu, kalau oli itu punya fungsi yang penting banget untuk mesin. Oli itu ibarat darah bagi tubuh manusia. Kebayang kan, kalau oli tidak bekerja dengan baik, nyawa mesin jadi taruhannya.

Pakai oli sesuai spesifikasi dan rajin ganti oli sesuai jadwal yang direkomendasi, memang sudah jadi cara yang tepat untuk menjaga keawetan dan performa mesin. Tapi tahukah kamu kalau ganti oli saja tidak cukup.

Kamu butuh yang namanya aditif oli. Lho kok aditif oli, bukannya oli sudah mengandung aditif?

Betul, oli memang sudah mengandung beberapa aditif. Tapi sebelum lebih jauh, kenapa sih harus ada aditif dalam sebuah oli? Aditif diperlukan untuk meningkatkan dan mengubah beberapa karakteristik dari base oil.

(BACA JUGA: Punya Pabrik Baru, Produksi STP, Armor All, dan Tuff Stuff Kini Makin Efisien)

Jika tidak ada aditif, base oil baik itu mineral atau sintetik sekalipun, pasti tidak akan maksimal melumasi dan menjaga performa mesin.

Beberapa aditif yang terkandung dalam oli diantaranya adalah friction modifier, anti-wear agent, rust & corrosion inhibitor, dan detergent.

Fungsi dari friction modifier adalah untuk mengurangi gesekan pada area yang dilumasi. Sedangkan anti-wear agent berfungsi untuk membuat lapisan film pada komponen yang bergesekan.

Sementara aditif rust & corrosion inhibitor bertugas membuat lapisan film untuk melindungi dari serangan karat. Terakhir ada aditif detergent yang berfungsi untuk menetralkan deposit akibat suhu tinggi dan menjaga mesin tetap bersih.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa